Penghubung Ide dan Inisiatif

Menjadi “Besar” di Perusahaan Kecil

Masih kental dalam pemahaman banyak orang bahwa kesuksesan seseorang dapat diukur dari tempat bekerja, besar gaji, dan jabatan. Bekerja di perusahaan multinasional masih dipandang sebagai hal yang prestisius, apa pun posisi jabatan yang disandang. Stereotip inilah yang sering kali menciutkan kepercayaan diri sejumlah orang yang bekerja, terutama di perusahaan kecil.

Salah satu pertimbangan sebelum memutuskan untuk bekerja di perusahaan kecil umumnya adalah ingin membiarkan diri untuk merintis. Tak semata didasari alasan personal, bekerja di perusahaan kecil bisa memberikan peluang lebih besar untuk mendapatkan banyak pengalaman dan mengembangkan diri.

Tak sekedar inisiatif

Umumnya, perusahaan kecil tidak selalu memiliki jalur karier terstruktur yang kompleks bagi karyawan. Hal ini memungkinkan Anda tak hanya bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri, tetapi juga dapat memberikan bantuan kepada pihak manajemen.

Bertindaklah proaktif jika merasa bisa memberikan solusi saat divisi lain mengalami kesulitan. Dengan mengasah kepekaan terhadap kebutuhan divisi lain tanpa melalaikan tanggung jawab utama, bisa jadi atasan akan melihat potensi Anda di luar pekerjaan reguler.

Mencari mentor

Janganlah ragu untuk melibatkan diri dalam program formal mentoring yang ditawarkan perusahaan. Akan tetapi, bagaimana jika perusahaan tidak mengadakan program tersebut? Sebagai solusi, carilah seseorang yang dapat dijakadikan sebagai mentor. Selain memahami tanggung jawab, ia mampu melihat kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam diri Anda.

Realistis

Anda tidak perlu berkecil hati jika karier tidak berkembang secepat yang diharapkan. Terlebih lagi, bila berada di dalam perusahaan yang memberikan peluang promosi dalam rentang waktu lama.

Agar tetap memiliki motivasi untuk bekerja, Anda sebaiknya tidak terlalu fokus pada peluang promosi. Ada hal yang lebih penting dalam pengembangan karier dibandingkan perubahan gelar di kartu nama. Indikator perkembangan bisa dilihat dari perubahan gaji, tanggung jawab, dan pengaruh terhadap perusahaan. Bukanlah akan lebih bernilai dan berharga jika Anda mampu memberikan pengaruh baik di dalam lingkungan kerja, terutama terkait pelayanan atau produk sehingga menguntungkan perusahaan? [*/GPW].

Sumber: KOMPAS, Senin 19 November 2012, Hal 39.

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>