Movable partition Jakarta – Tikus merupakan hewan yang tidak diharapkan kedatangannya karena tikus bisa merugikan manusia. Tikus yang berkeliaran di setiap sudut rumah kita bisa membawa beragam kuman penyakit dan bakteri yang berbahaya.

Selain itu, giginya kuat dan tajam, sehingga kerap memakan baju, buku, bahkan menggigit kabel listrik di rumah sehingga merusak peralatan rumah tangga kita dan juga tikus bisa mengrogoti sekat gypsum pemisah ruangan.

Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa populasi tikus baik di kota maupun desa bisa dibilang sangat besar. Sehingga kita biasanya mencari berbagai cara agar tikus tidak masuk ke lingkungan rumah kita dan salah satunya adalah dengan mengunakan jasa interior murah.

 

Lupakan Racun, Ini 10 Cara Tradisional Mengusir Tikus Dengan Cepat

 

Tentunya sejumlah cara dilakukan orang untuk mengusir tikus, diantaranya menggunakan racun tikus, lem tikus, hingga menyewa jasa pembasmi tikus. Tetapi mengusir tikus dengan cara ini bisa menimbulkan dampak buruk, karena tikus yang mati karena memakan racun biasanya mati di tempat yang sulit dijangkau dan menimbulkan bau menyengat.

Lagipula racun tikus biasanya mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Sehingga dibutuhkan cara tradisional mengusir tikus agar tidak mengorbankan kesehatan kita.

Agar rumah anda terbebas dari hewan pengerat ini tanpa harus mengorbankan kesehatan keluarga, yuk simak tips dari kami mengenai cara tradisional mengusir tikus.

1.Kapur barus (Kamper)

Cara pertama untuk mengusir tikus adalah dengan kapur barus. Pada dasarnya tikus tidak menyukai aroma wangi dan menyengat seperti kapur barus.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan menaruh butiran-butiran kapur barus di tempat yang sering dilalui tikus atau tempat bersarang tikus tersebut. Dengan demikian tikus akan memilih pergi dari tempat tersebut, karena tikus akan terganggu bahkan bisa mati jika terlalu sering mencium bau dari kapur barus ini.

2.Memelihara jangkrik

Jika anda ingin mengusir tikus dengan cara alami, maka jangkrik bisa menjadi solusi karena membasmi tikus dengan jangkrik ternyata cukup ampuh.

Secara ilmiah, ternyata bisa dijelaskan bahwa jangkrik memiliki suara dengan frekuensi tinggi mengganggu telinga tikus dan membuat tidak betah tinggal di tempat yang ada suara jangkriknya.

Caranya adalah dengan menempatkan jangkrik di area yang sering dilalui tikus, misalnya di dapur, kolong, maupun gudang.

3.Bawang

Sama seperti manusia, tikus juga tidak tahan dengan aroma dan rasa bawang. Anda bisa membuat irisan-irisan bawang, kemudian meletakkan di sarang atau jalan-jalan yang sering dilalui tikus, maka tikus tidak akan betah untuk  tinggal berlama-lama di tempat tersebut.

4.Lada hitam/Merica

Kita telah tahu bahwa lada hitam atau merica memberikan sensasi pedas dan hangat pada masakan. Tetapi tahukah anda bahwa ternyata lada hitam juga bisa digunakan untuk mengusir tikus?

Bumbu dapur lada hitam memiliki aroma yang sangat pedas dan tikus tidak menyukai aroma dan rasa pedas yang dikeluarkan oleh lada tersebut.

Cara tradisional untuk mengusir tikus adalah dengan menaburkan lada hitam di tempat-tempat yang sering dilalui tikus, maka aroma lada ini akan membuat tikus kabur.

5.Buah durian

Buah durian sangat digemari masayarakat kita karena memiliki cita rasa yang nikmat. Selain itu, buah ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir tikus yang alami. Anda bisa memanfaatkan daging dan kulit durian, karena aromanya sangat mengganggu tikus.

Kalaupun anda sayang dengan dagingnya, anda bisa gunakan kulitnya saja. Caranya, anda cukup memotong kulit buah durian, kemudian letakkan kulit tersebut di tempat-tempat yang sering didatangi tikus. Selain memiliki duri yang tajam, aroma buahnya yang tajam bisa sangat ampuh mengusir tikus

6.Cuka

Cara mengusir tikus dengan menggunakan air cuka ini sedikit rumit, tapi cukup ampuh mengusir tikus dari rumah kita karena  aroma cuka yang menyengat akan mengganggu indra penciuman tikus . Berikut ini langkah-langkah yang harus kita lakukan :

  • Bersihkan lantai pada ruangan yang sering dilewati tikus, lap/pel lantai tersebut dengan air bersih
  • Ambil bola kapas, dan lumuri dengan cuka. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat melumuri cuka ke bola kapas
  • Taruh bola kapas yang sudah dilumuri cuka pada tempat/ruangan yang sudah dibersihkan tadi
  • Cek secara rutin bola kapas, apabila bola kapas mulai mengering, lumuri kembali dengan air cuka

Bisa jadi tikus belum benar-benar pergi dalam satu atau dua kali percobaan, tetapi anda bisa mengulang ulang langkah ini hingga tikus benar-benar pergi dari rumah kita.

7.Cangkang atau kulit telur

Nah, kalau anda habis memasak telur, biasanya anda membuang kulitnya kan? Padahal kulit telur bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus, semut, dan kecoa lho.

Caranya adalah dengan mengeringkan kult telur dengan dijemur atau dimasukkan ke dalam oven. Setelah kering, tumbuk atau giling kulit telur dengan blender sampai hancur. Kemudian taburkan bubuk kulit telur tadi ke area yang biasa menjadi sarang tikus.

8.Buah mengkudu

Buah mengkudu, apalagi yang sudah matang akan mengeluarkan aroma yang tidak disukai tikus.

Karena itu mengkudu bisa menjadi alternatif yang menarik untuk mengusir tikus. Caranya sangat mudah, yaitu dengan memotong buah mengkudu menjadi beberapa bagian. Kemudian letakkan potongan mengkudu tadi di tempat yang disukai tikus.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah untuk mengganti dengan potongan mengkudu yang baru apabila mengkudu yang lama sudah mengering.

  1. Kopi

Tikus memiliki indra penciuman yang tajam, sehingga akan mudah mendeteksi benda dengan aroma yang tajam seperti kopi.

Dengan menabur bubuk kopi pada tempat-tempat yang biasa dilewatinya, tikus akan mudah mencium adanya aroma kopi tersebut, namun juga tidak akan berlama lama tinggal di sekitar kopi tersebut karena tidak menyukai aroma baunya.

10.Memelihara kucing

Cara terakhir untuk mengusir tikus dalah dengan memelihara anjing. Tentunya kita semua sudah tahu bahwa kucing dan tikus itu tidak bisa bersatu ibarat air dan minyak. Tikus merupakan santapan utama kucing.

Dengan memelihara kucing, rumah kita akan terbebas dari tikus karena tikus akan ketakutan hanya dengan mendengar suara kucing saja.

Selain dengan tindakan diatas, anda juga perlu memperhatikan kebersihan rumah. Karena biasanya tikus suka tempat-tempat yang kotor dan banyak sampah.

Demikian artikel mengenai berbagai cara tradisional mengusir tikus tanpa menggunakan racuan yang pasti cepat dan aman. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mengusir tikus dari rumah anda. Selamat mencoba ya….

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *